-->

MENU

Pengobatan Penyakit Demam Berdarah Secara Tradisional

Pengobatan Penyakit Demam Berdarah Secara Tradisional
Pengobatan Penyakit Demam Berdarah Secara Tradisional

Pengobatan Penyakit Demam Berdarah Secara Tradisional - Demam berdarah merupakan kategori penyakit berbahaya dan mematikan yang sangat wajib untuk kita hindari. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue ini dapat menyebar melalui peredaran darah manusia melalui gigitan Aedes aygypti.

Berbeda dengan jenis lainnya, nyamuk Aedes aygypti memiliki kemampuan dalam membawa virus Dengue serta memiliki tubuh belang dengan warna hitam putih. Sebelum mencapai masa kritis, Anda harus mengetahui ciri-ciri dari penyakit demam beradarah terlebih dahulu agar segera mendapatkan penanganan.

Fase Demam Berdarah

1. Fase Demam Tinggi (Hari 1-3)
  • Sakit kepala
  • Badan terasa nyeri dan ngilu
  • Mual
  • Bintik merah pada kulit yang tidak dapat hilang saat direnggangkan
  • Sakit di bagian belakang bola mata
2. Fase Kritis (Hari 4-5)
  • Trombosit menurun
  • Tidak mengalami demam
  • Kondisi fisik terlihat membaik
Walaupun secara umum penderita nampak membaik, tetapi justru sebaliknya. Pada fase kritis, penderita penyakit demam berdarah sangat rawan mengalami perdarahan dari hidung dan mulut hingga terjadinya penurunan kesadaran.

3. Fase Penyembuhan (6-7 Hari)

Keadaan umum mulai membaik serta kadar trombosit berada dalam garis normal.

Pengobatan Demam Berdarah secara Alami dan Tradisional

1. Kunyit

Pengobatan tradisional pertama yang bermanfaat untuk mengatasi demam berdarah adalah kunyit. Bumbu dapur ini juga berkhasiat untuk penyakit lainnya, seperti tumor payud*ra dan gangguan pencernaan.

Sebab, tanaman yang satu ini memiliki kandungan antimikroba, antioksidan, antikanker, dan antivirus HIV yang sangat penting untuk tubuh.

2. Air Kelapa

Cara mengatasi demam berdarah selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan air kelapa.  Cara penyajiannya yaitu dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dalam air kelapa. Lalu, minum secara rutin hingga kondisi fisik menjadi lebih baik.

3. Jambu Biji

Pengobatan alami demam berdarah dengan jambu biji ini tentu sudah terdengar sangat populer di kalangan masyarakat. Buah tersebut memiliki kandungan flavonoid yang mampu meningkatkan trombosit dalam darah. Selain itu, jambu biji juga mengandung vitamin C, tanin, minyak lemak, dan minyak atsiri. 

4. Pepaya Gandul

Pepaya gandul atau pepaya jantan merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat. Salah satunya yaitu sebagai cara mengatasi demam berdarah secara tradisional dan alami, terutama dari bagian daunnya.

5. Temu Ireng

Cara mengatasi penyakit demam berdarah selanjutnya adalah dengan temu ireng karena khasiatnya yang ajaib untuk mengatasi kerusakan sel hati sebagai salah satu komplikasi dari penyakit tersebut.

6. Daun Patikan Kebo

Pengolahan daun patikan kebo untuk mengatasi demam berdarah dapat dilakukan dengan merebusnya dahulu. Tunggu sampai mendidih dan minum selagi hangat sebanyak 2 kali dalam sehari.

7. Beras Angkak

Mengatasi demam bedarah secara tradisional yang terakhir adalah menggunakan beras angkak yang diolah dalam bentuk sup. Pengobatan alami ini menjadi solusi akhir jika Anda sudah bosan mengkonsumsi bahan-bahan lainnya.

Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah 

1. 3 M

Cara mencegah demam berdarah yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan 3 M (Menutup, Menguras, dan Mengubur). 

Anda harus “menutup” bak-bak air yang rentan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Kemudian “menguras” tempat penampungan air secara rutin, terutama bak mandi, untuk mencegah perkembangan jentik-jentik nyamuk. Dan terakhir adalah “mengubur” sampah yang mungkin bisa ditempati oleh nyamuk.

2. Abatisasi

Abatisasi adalah memberi bubuk abate dalam bak mandi dan berbagai penampungan air lainnya.

3. Fogging

Tindakan fogging atau pengasapan dapat dilakukan jika ada penderita penyakit demam berdarah dengan kondisi :
  • Terdapat 1 orang meninggal
  • Terdapat 2 atau 3 orang penderita
  • Terdapat 3 penderita dengan radius hanya 100 meter.
4. Selalu Waspada

Adanya laporan penderita penyakit demam berdarah dari Rumah Sakit akan dikirimkan ke Puskesmas wilayah tempat tinggal penderita untuk dilakukan penyelidikan.

Nah, itulah artikel tentang penyakit demam berdarah yang dapat kami bagikan. Semoga menjadi sumber info yang penuh manfaat.