-->

MENU

Cara Mengobati Tipes Dengan Bahan-Bahan Alami

Cara Mengobati Tipes Dengan Bahan-Bahan Alami
Cara Mengobati Tipes Dengan Bahan-Bahan Alami

Berbagai pengobatan untuk tipes saat ini banyak dikembangkan oleh para ilmuwan kesehatan, mengingat penyakit tersebut dapat menyerang siapapun dan kapanpun. Salah satu pengobatan yang tak kalah hebat dari obat-obatan medis adalah berbagai bahan alami yang tersedia di sekitar kita.

Adapun beberapa bahan alami yang berkhasiat untuk mengobati penyakit tipes adalah sebagai berikut.

1. Jus Jambu Merah

Tidak hanya berkhasiat untuk mengobati demam berdarah, jus jambu merah juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengobati tipes yang ampuh. Sebab, jambu merah memiliki nutrisi yang mampu menyeimbangkan elektrolit serta menambah cairan tubuh.

Selain itu, jambu merah juga mengandung vitamin C tinggi yang akan meningkatkan sistem kekebalan.

2. Mentimun

Buah yang banyak dimanfaatkan sebagai sayur lalapan ini juga terbukti memiliki khaisat baik untuk megobati tipes secara alami. Cara pembuatan ramuannya yaitu dengan memarut 2 mentimun segar dan memerasnya. Kemudian, minum air perasan mentimun tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari hingga panas tubuh berkurang.

3. Cacing Tanah

Mungkin Anda merasa jijik jika harus menggunakan cacing tanah sebagai pengobatan alami penyakit tipes. Namun, di balik semua itu, cacing tanah memang memiliki khasiat yang baik untuk menyembuhkan tipes serta menurunkan demam.

Cara mengobati tipes dengan cacing tanah dapat dilakukan dengan memasak 10 ekor cacing tanah hingga mendidih dan segera konsumsi sebelum dingin. Selain itu, penyajiannya juga dapat dilakukan dengan memanggang cacing tanah tanpa minyak lalu dimasukkan dalam air putih dan meminumnya 3 kali dalam sehari.

4. Cuka Sari Apel

Cara mengobati dengan bahan alami berikutnya yaitu menggunakan cuka sari apel. Walaupun penderita tipes pada umumnya tidak boleh mengkonsumsi makanan asam, tetapi dengan cuka sari apel, proses penyembuhan akan berjalan lebih cepat serta berguna untuk mengurangi mual, muntah, dan diare.

Caranya, campurkan cuka sari apel sebanyak 1 sendok makan dalam gelas berisi air. Tambahkan sedikit madu agar lebih enak saat dikonsumsi. Selain diminum, ramuan tersebut juga dapat digunakan untuk kompres tubuh.

5. Sawo Muda

Siapkan 5 buah sawo yang masih muda, lalu parut sampai benar-benar halus. Kemudian peras parutan tersebut dan konsumsi airnya sebanyak 1 kali dalam sehari untuk pengobatan selama dua hari (anak-anak). Untuk penderita berusia dewasa, ramuan tersebut dapat diminum selama 4 hari.

6. Cengkeh

Sebagai bumbu masakan, cengkeh juga bermanfaat untuk mengatasi tipes secara alami dan ampuh. Cara mengobati penyakit ini adalah dengan merebus 8 buah cengkeh dalam 8 gelas air bersih. Tunggu sampai mendidih dan air hanya tersisa setengah bagiannya.

Konsumsi secara rutin dengan porsi sedikit-sedikit tapi sering, hingga ramuan tersebut habis dalam satu hari. Pengobatan alami ini dapat dilakukan selama beberapa hari sampai kondisi tubuh membaik.

7. Bawang Putih

Selain berbagai permasalahan kesehatan lainnya, bawang putih juga bermanfaat untuk mengobati tipes secara ampuh. Kandungan glukosinates serta sulfur dalam bawang putih mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, bumbu dapur ini juga mampu menurunkan demam serta mengeluarkan racun tubuh.

Cara mengobati tipes dengan bawang putih dapat dilakukan dengan memakannya langsung atau merebusnya terlebih dahulu. Namun, pengobatan dengan bawang putih tidak dianjurkan bagi penderita tipes yang sedang hamil, menyusui, serta anak-anak.

8. Buah Pisang

Pisang memang tergolong buah-buahan dengan tekstur lembut serta memiliki rasa manis. Cara mengobati tipes dengan pisang dipercaya mampu mengatasi efek lemah akibat penyakit tersebut.

Konsumsi pengobatan alami ini sebaiknya dilakukan sebanyak 2 kali setiap harinya sehingga kondisi tubuh dapat segera membaik. Selain itu, Anda juga dapat mengolah pisang menjadi bubur dan tambahkan sedikit madu.

Itulah 8 cara mengobati tipes dengan bahan-bahan alami yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.